sumber: teropong.id
Di era modern seperti sekarang, kita sudah tidak asing lagi dengan berbagai media hiburan, seperti televisi, media massa, atau internet. Hampir setiap hari kita tidak akan pernah melewatkan waktu untuk mengunjungi media-media tersebut guna menambah pengetahuan, informasi, atau sekedar hiburan. Oleh karena itu, banyaknya pembaca dan penikmat media hiburan tersebut membuat banyak para produsen produk atau jasa memanfaatnya untuk memasang iklan produk dan jasa mereka.
Iklan merupakan sebuah pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual atau ditawarkan melalui media (massa atau internet) atau di tempat umum. Iklan digunakan dengan tujuan untuk menyampaikan kepada masyarakat bagaimana keunggulan dan manfaat jika mereka membeli dan mengoncumsi produk atau jasa yang ditawarka. Oleh karena itu, iklan lebih bersifat komersial (berhubungan dengan niaga atau perdagangan) walaupun ada juga iklan yang non-komersial.
berikut contoh sebuah iklan
sumber: nasabamedia.com
Jika dilihat dari iklan ini tampak bahwa iklan ini menawarkan produk konsumsi berupa minuman. Perhatikan dengan saksama bahwa dalam gambar iklan ini hanya ada terdapat dua unsur, yaitu gambar produk dan kalimat iklan.
1. Gambar produk jelas merupakan gambar konkrit dari peroduk minuman yang dijual.
2. Kalimat iklan hanya berisi sebuah klausa (terdiri dari beberapa kata saja) yang mudah diingat, sederhana, namun menarik hati supaya yang membaca kaliat tersebut ingin membeli produk minuman.
Berdasarkan contoh iklan tersebut dapat diketahui bahwa iklan memiliki ciri-ciri:
1. Mengandung gambar produk atau jasa
2. Menggunakan frasa, klausa, atau kalimat yang persuasif, mudah diingat, dan sederhana.
3. Informatif
Iklan memiliki berbagai jenis. Berdasarkan isinya, iklan dibagi menjadi iklan niaga, iklan layanan masyarakat, dan iklan pengumuman.
1. Iklan niaga merupakan iklan yang berisikan penawaran produk atau jasa yang dijual dengan tujuan dibeli oleh calon konsumen
2. Iklan layanan masyarakat merupakan iklan yang berisi informasi terkait suatu hal guna memberikan kejelasan, konfirmasi, dan kepastian kepada masyarakat supaya tidak mudah terpengaruh dengan isu-isu tidak jelas. Biasanya iklan ini dikeluarkan oleh Lembaga atau Instansi Pemerintahan
3. Iklan pengumuman merupakan iklan yang berisi pengumuman atau pemberitahuan mengenai sebuah kegiatan.
Berdasarkan media, iklan dibagi menjadi iklan cetak, iklan elektronik, iklan internet, dan iklan luar ruangan.
1. Iklan cetak merupakan iklan yang dipasag di media-media cetak, seperti koran dan majalah.
2. Iklan elektronik merupakan iklan yang dipasang di media elektonik, seperti televisi dan radio.
3. Iklan internet merupakan ilang yang dipasang di media internet, seperti blog atau situsweb.
4. Iklan luar ruangan merupakan iklan yang dipasang di tempat-tempat umum seperti jalan raya.
No comments:
Post a Comment